- Advertisement -Newspaper WordPress Theme
Mata Air Tilanga Toraja: Daya Tarik, Harga Tiket Masuk dan Lokasi

Mata Air Tilanga Toraja: Daya Tarik, Harga Tiket Masuk dan Lokasi



PARBOABOA, Toraja – Kabupaten Tana Toraja memang selalu memberikan kejutan, baik dalam kebudayaan hingga ke tempat wisata yang menakjubkan.

Wilayah yang masih menampilkan wisata alam mempesona yang indah tidak dapat kamu temukan di daerah lain. Salah satu tempat wisata alamnya adalah Mata Air Tilanga.

Pemandian Atau Kolam Alam Tilanga adalah sebuah kolam alami yang jauh dari hingar bingar kota. Terbentuk pada batuan cadas yang dikelilingi pepohonan rimbun, lengkap dengan bunyi-bunyian alam.

Sederhana, apa adanya. Tapi itulah daya tarik Tilanga. Sejuk dan menentramkan. Pemandian ini adalah kolam alam dengan sumber mata air di dalamnya.

Ukurannya cukup luas, sekitar 15 x 25 meter dengan kedalaman sekitar tiga hingga lima meter di bagian tertentu. Bentuknya cerukan pada cadas tidak beraturan.

Bagi kamu yang berencana mengunjungi wisata Mata Air Tilanga, yuk simak informasi di bawah ini telebih dahulu!

Daya Tarik Mata Air Tilanga

(Foto: Instagram/@giovannigivan)

Tilangga merupakan sumber mata air. Maka tidak salah jika tempat ini tidak pernah kering. Airnya jernih dan sejuk, lebih ke dingin bagi yang tidak biasa dengan suhu Toraja yang berada di ketinggian.

Sepintas, ada tiga kolam yang ada di permandian Tilanga’ ini yang sekelilingnya dibalut batu gamping, bebatuan itu terbentuk secara alami dan dipertahankan sampai saat ini.

Kolam utama, kedalamannya masih misteri. Jika sepintas, dari daratan, kolam ini dangkal. Saking jernihnya, pengunjung bisa melihat bebatuan di dasar kolam.

Namun, jangan salah. Kedalamannya bisa beberapa meter. Ada yang menyebut 8 meter, ada yang menyebut 10 meter.

Nah, kedalamannya bisa dibuktikan dari lompatan penduduk setempat ataupun pengunjung untuk uji adrenalin.

Salah satu yang membuat Mata Air Tilangan unik yaitu karena mitos yang tersimpan di dalamnya, bahkan mitos ini juga menjadi salah satu daya tarik utama dari destinasi wisata satu ini.

Menurut penuturan dari warga setempat, di celah bebatuan kolam terdapat moa atau belut berkuping yang hidup di sana. Orang Toraja sendiri sering menyebut belut ini dengan nama masapi.

Uniknya lagi, konon di Tilanga terdapat juga masapi dengan warna putih. Sedangkan umumnya masapi berwarna hitam.

Usut punya usut, masapi tersebut dikaitkan dengan pesan keberuntungan. Jadi bagi orang yang bisa melihat masapi, konon permintaan serta harapannya akan terkabul. Terlebih jika kamu bisa melihat masapi dengan warna belang belang putih dan hitam.

Masapi yang berwarna belang belang putih dan hitam ini disebut sebagai masapi bonga, dan dipercaya memiliki keberuntungan yang lebih bila dibandingkan dengan masapi yang lain.

Sayangnya melihat masapi ini tidak bisa dilakukan dengan mudah, karena hanya sebagian orang yang dapat melihatnya.

Agar masapi mau muncul ke permukaan, maka harus dipancing terlebih dahulu dengan menggunakan telur bebek rebus.

Dan yang memancing juga tidak boleh sembarang orang, melainkan harus anak anak. Karena menurut legenda, ada anak kecil yang berhasil memanggil masapi keluar dengan menjentik jentikkan jari ke dalam kolam dengan berbekal telur bebek rebus.

Pengunjung yang penasaran pun diperbolehkan mencoba memancing masapi dengan telur bebek rebus, namun kebanyakan orang gagal untuk membuat masapi keluar dari persembunyiannya.

Harga Tiket Masuk Mata Air Tilanga

(Foto: Facebook/Jejak Jalan-Jalan)

Para wisatawan diperbolehkan berenang, tetapi tidak diperkenankan untuk menggunakan semua hal yang bersifat detergen.

Dengan harga tiket masuk sekitar Rp 10.000 para wisatawan sudah bisa menikmati pemandangan mempesona dan menarik mata.

Lokasi Mata Air Tilanga

(Foto: pagguci.com)

Tilanga merupakan salah satu kolam purba yang ada di Toraja, tepatnya di Kelurahan Sarira, Kecamatan Makale Utara, Tana Toraja.

Letaknya 8 km dari kota Makale arah ke utara dan 1,5 km dari jalan Poros Makale-Rantepao.

Demikianlah informasi mengenai wisata Mata Air Tilanga, Toraja yang perlu kamu perhatikan. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur!



Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Subscribe Today

Exclusive content

- Advertisement -Newspaper WordPress Theme

Latest article

More article

- Advertisement -Newspaper WordPress Theme