- Advertisement -Newspaper WordPress Theme
Intip Keeksotisan Gumuk Pasir Sumalu yang Ada di Tana Toraja

Intip Keeksotisan Gumuk Pasir Sumalu yang Ada di Tana Toraja



PARBOABOA, Toraja – Ternyata gumuk pasir tidak hanya ada di Yogyakarta. Tana Toraja juga punya kompleks perbukitan pasir yang pesonanya tidak kalah cantik yang diberi nama Gumuk Pasir Sumalu.

Gumuk Pasir Sumalu merupakan objek wisata tergolong baru yang ada di Sumalu, Kecamatan Rantebua, Kabupaten Toraja Utara. Awalnya tempat ini lebih dikenal dengan nama Bukit Paโ€™buyan.

Pemandangan yang ditawarkan Gumuk Pasir Sumalu adalah hamparan perbukitan pasir yang memuncak dan melandai dengan ketinggian acak.

Dipadu dengan alur bergelombang dengan lapisan warna yang mungkin terbentuk oleh tiupan angin. Jika dilihat sekilas memang mirip dengan Painted Hills.

Alur tersebut terbentuk akibat proses alam, yaitu tiupan angin dan aliran air hujan. Bentuk abstrak inilah yang menjadi keunikan utamanya.

Bagi kamu yang berencana mengunjungi Gumuk Pasir Sumalu, yuk simak informasi di bawah ini terlebih dahulu.

Sekilas Tentang Gumuk Pasir Sumalu

(Foto: instagram/@mirdawali_la)

Gumuk Pasir Sumalu ini terbentuk karena proses alam. Angin membawa pasir hingga bertumpuk dan membentuk sebuah gumuk. Arah angin yang tidak beraturan kemudian membentuk gumukan yang tidak simetris dan membuat bentuk gunung menjadi liuk-liukan yang apik.

Gumuk Pasir Sumalu punya dua lokasi yang berbeda. Gumuk pasir yang eksis pertama kali berada di depan Gereja Toraja Jemaat Toโ€™ Sapang, Rantebua Sanggalangi, Rantebua.

Gumuk pasir ini mulai diketahui banyak orang sekitar Desember 2016. Kemudian, pada September 2017 gumuk pasir lain ditemukan dan mulai eksis.

Di gumuk ini, matahari terbit dan terbenam bisa dinikmati sambil duduk di atas gumukan dan menikmati similir angin yang masih terasa sejuk dengan segelas kopi atau teh hangat yang bisa dibeli di penjual yang berada di wisata ini.

Kamu juga bisa merasakan sensasi berseluncur dari atas gumukan ke bawah yang akan menjadi pengalaman yang terlupakan.

Kamu harus tetap berhati-hati ketika menaiki gumukan kemuidan berseluncur ria. Untuk kamu yang hobi foto, tempat ini juga bisa jadi spot foto yang bagus.

Latar gumukan pasir yang luas, dan berdiri di tengah-tengah gumukan bisa jadi salah satu gaya yang bisa dicoba.

Tidak hanya foto-foto, kamu juga bisa menghabiskan waktu dengan camping gratis di sini dengan membawa tenda sendiri karena masih belum tersedia penyewaan tenda.

Dalam perjalanan menuju Gumuk Pasir Sumalu, kamu akan melewati sedikit perbukitan dan perkampungan warga. Ketika tiba di sini, hamparan pasir luas dengan hembusan angin sejuk akan menyambut lelahnya perjalan.

Lokasi Gumuk Pasir Sumalu

(Foto: Instagram/@seputr_sulawesiselatan)

Gumuk Pasir Sumalu berada di Rantebua Sumalu, Kec. Rantebua, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan. Untuk kamu ingin berkunjung ke sana, tentu harus tahu mengenai rutenya.

Rute menuju ke lokasi ini kamu bisa langsung ke Kota Rantebua. Setelah kamu sampai di Kota Rantebua, bisa langsung menggunakan kendaraan roda dua agar bisa ke Gumuk Pasir Sumalu.

Hal ini wajib kamu lakukan, sebab kondisi jalan untuk menuju ke tempat ini sangat kecil dan menanjak. Sehingga tak mungkin untuk membawa mobil.

Dari Kota Rantebua menuju Gumuk Pasir Sumalu ini akan menghabiskan waktu kurang lebih selama 45 menit saja.

Sepanjang perjalanan kamu akan bakalan dimanjakan dengan pemandangan perbukitan beserta perkampungan warga di sana.

Harga Tiket Masuk di Gumuk Pasir Sumalu

(Foto: instagram/@exploredolan.id)

Setelah mengetahui lokasi dan rute menuju destinasi Gumuk Pasir Sumalu, kini giliran untuk mengetahui harga tiket masuk mengunjungi wisata indah Toraja ini.

Untuk harga tiket masuk mengunjungi ke tempat ini, kamu para pengunjung tidak akan dipungut biaya.

Namun, hanya saja kamu akan mengeluarkan biaya parkir yang terjangkau saja. Perlu kamu ketahui juga bahwa kamu akan diminta untuk berjalan kaki sekitar 500 meter nantinya.

Namun, kamu tidak usah khawatir, sebab perjalanan jauh kamu akan terbayar dengan pemandangan indah dan menakjubkan.

Demikianlah informasi mengenai wisata Gumuk Pasir Sumalu, Toraja yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur!



Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Subscribe Today

Exclusive content

- Advertisement -Newspaper WordPress Theme

Latest article

More article

- Advertisement -Newspaper WordPress Theme