- Advertisement -Newspaper WordPress Theme
Di Balik Gonjang-ganjing Gugatan ke MK, Ada Wacana Gibran jadi Cawapres Ganjar

Di Balik Gonjang-ganjing Gugatan ke MK, Ada Wacana Gibran jadi Cawapres Ganjar



PARBOABOA, Jakarta – Nama Gibran Rakabuming Raka digadang-gadang bakal menjadi calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Ganjar Pranowo pada perhelatan Pilres 2024 mendatang.

Kendatipun relasi politik Gibran dengan PDI Perjuangan kerap disorot beberapa hari ini, wali kota Solo itu rupanya masih mendapat tempat di tubuh partai Banteng.

Apalagi, Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani, sebelumnya sudah memberi sinyal soal Gibran yang bisa saja diusung partai besutan Megawati itu menjadi cawapres.

Puan mengaku, internal partai PDIP akan mempertimbangkan hal tersebut sembari menunggu keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait gugatan usia capres dan cawapres.

“Ya bisa saja Mas Gibran yang maju,” kata Puan di kawasan Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis (17/8/2023).

Saat ini, MK tengah melakuan proses pembahasan terkait gugatan usia capres dan cawapres dari 40 tahun menjadi minimal 35 tahun, meskipun MK sendiri belum memastikan gugatan tersebut kapan akan diputuskan.

Sementara itu, Presiden Jokowi enggan berkomentar banyak soal putranya yang digadang-gadang bakal mendampingi Ganjar Pranowo sebagai cawapres pada Pilpres 2024. Ia menyerahkan keputusan tersebut ke Puan Maharani.

“Tanyakan Bu Puan,” kata Jokowi singkat di Kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (18/8/2023).

Gibran sendiri sebetulnya sudah jauh-jauh hari menegaskan bahwa dirinya tidak mungkin bisa menjadi cawapres karena sejumlah keterbatasan. Gibran juga berharap publik tidak menyeret namanya di balik gonjang-ganjing gugatan ke MK tersebut.

Namun, sebagian publik membaca, gugatan tersebut syarat muatan politis dan seakan membuka ruang bagi Gibran untuk maju sebagai cawapres jika natinya dikabulkan MK.

Jika melihat hasil survei yang dikeluarkan Lembaga riset Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, popularitas Gibran cukup tinggi. Ia menempati peringkat pertama sebagai bakal cawapres terpopuler.

Gibran bahkan menyalip sejumlah sosok populer di Indonesia, seperti ย Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Airlangga Hartarto dan Muhaimin Iskandar.

Sebanyak 66,5% responden mengaku pernah mendengar atau mengetahui anak dari Presiden Jokowi tersebut. Kemudian diikuti oleh Erick Thohir yang hanya diketahui oleh 61,8% responden.

Sementara, posisi berikutnya ditempati Airlangga Hartarto dan Muhaimin Iskandar yang masing-masing diketahui oleh 52,3% dan 43,1% responden.

Survei tersebut juga merilis tingkat kesukaan responden terhadap keempat bakal cawapres tersebut. ย Lagi-lagi, Gibran masih menduduki puncak teratas dan disukai oleh 82,6% responden.ย 

Posisi berikutnya diikuti oleh Erick Thohir (77,1%), Muhaimin (62%), dan yang terakhir adalah Airlangga (52,5).



Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Subscribe Today

Exclusive content

- Advertisement -Newspaper WordPress Theme

Latest article

More article

- Advertisement -Newspaper WordPress Theme