- Advertisement -Newspaper WordPress Theme
7 Tempat Wisata di Jambi yang Populer dan Wajib Dikunjungi

7 Tempat Wisata di Jambi yang Populer dan Wajib Dikunjungi



PARBOABOA, Jambi – Wisata Jambi menjadi destinasi yang tak boleh terlewatkan saat berkunjung ke provinsi satu ini. Jambi adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di pesisir timur Pulau Sumatera.

Provinsi Jambi terdiri dari 11 Kabupaten/Kota. Tempat wisata di Jambi menjadi salah satu potensi besar yang dimiliki provinsi ini.

Wisata Jambi menawarkan serangkaian pilihan rekreasi yang cukup beragam. Mulai dari wisata alam, sejarah, hingga rekreasi buatan yang begitu sayang dilewatkan.

Sarana dan prasarana yang disediakan di berbagai wisata Jambi ini juga sudah dikelola dengan baik.

Jika kamu berkunjung ke provinsi Jambi, serangkaian pilihan wisata Jambi ini patut disambangi.

Dirangkum dari beberapa sumber, berikut 7 rekomendasi tempat wisata di Jambi yang wajib kamu kunjungi. Check it out!

1. Danau Kaco

(Foto: Tokopedia.com)

Dengan air sebening kaca dan tanaman hijau di sekelilingnya, Danau Kaco menawarkan atmosfer yang menenangkan.

Perjalanan menuju tempat wisata di Jambi ini memang cukup menantang, tapi lelahmu akan terbayarkan dengan perasaan rileks ketika kamu mencapai danau.

Menurut cerita, ada legenda yang berkembang dari sana. Melalui cerita yang dipercaya turun-temurun, kilauannya datang dari intan titipan milik para pemuda yang ingin melamar putri seorang raja bernama Raja Gagak. Putri itu sungguh cantik jelita.

Namanya Napal Melintang. Menurut legenda, kecantikannya bahkan mampu memikat hati ayahnya sendiri.

Raja Gagak pun membawa lari putrinya tersebut lalu meninggalkan intan dari para pemuda di dasar danau.

Sampai saat ini, masyarakat sekitar masih percaya bahwa kilauan di dasar danau adalah intan peninggalan Raja Gagak tersebut.

Pada dasarnya, legenda tersebut sudah ada beberapa versi. Ada juga yang mempercayai bahwa Raja Gagak begitu tamak. Siapapun yang bermaksud meminang putrinya diwajibkan menyerahkan harta berupa emas dan intan.

Sayangnya, keserakahan itu membuat sang putri ternoda sehingga ia dibenamkan ke dalam danau bersama dengan seluruh harta yang diberi lelaki yang ingin meminangnya. Sejak itu, danau tersebut berkilauan cahaya.

2. Tugu Pers

(Foto: Google Maps/Zain Sholihan)

Tugu ini merupakan tugu unik yang memang sengaja dibuat untuk memperingati kebebasan pers pada tahun 2012.

Tugu ini sebenarnya hanya memiliki tujuan sebagai penanda daerah wisata baru yang kemudian diisi oleh berbagai penjaja makanan yang mendapatkan tempat di sekeliling tugu.

Nikmati wisata Jambi ke tempat ini sambil menjajal berbagai makanan khas yang ada di sekitar tugu dan melihat-lihat pemandangan kota Jambi.

3. Gentala Arasy

(Foto: Google Maps/Fajar Mayapada)

Gentala Arasy merupakan salah satu museum yang bersejarah di kota Jambi. Museum ini secara khusus menyimpan sejarah perkembangan Islam di kota ini dan menyimpan berbagai macam benda bersejarah dan artefak yang ditampilkan dalam sejumlah koleksi pajangan museum.

Koleksi ini bisa berupa hasil dari hibah, pembelian ataupun peminjaman sehingga dapat juga dikatakan sebagai benda-benda berharga.

Setelah puas melihat perjalanan Islam di Jambi pelancong bisa bergerak ke sebuah jembatan yang dibuat dengan anggaran 88 milyar.

Jembatan Gentala Arasy ini memiliki pemandangan yang sangat bagus dengan berbagai lampu dan disain jembatan yang unik. Pemandangan di wisata Jambi ini dapat dinikmati di atas jembatan atau di bawah jembatan dengan sampan.

4. World of Water Water Park

(Foto: Facebook/World of Waterย )

Destinasi tempat wisata di Jambi yang satu ini pas banget kalau kamu liburan bersama anak. Tapi tenang, yang dewasa juga tetap bisa bersenang-senang dengan mencoba wahana-wahana di World of Water.

Pokoknya, kamu harus mencoba Masurai Tower, perosotan setinggi 15 meter yang serunya siap bikin kamu teriak.

Setelah memicu adrenalin, kamu bisa bersantai di Lazy River dan rileks sambil membiarkan arus yang tenang membawamu.

5. Kampoeng Radja Jambi

(Foto: Tokopedia.com)

Bisa jadi tempat wisata untuk seru-seruan sekaligus mengenal alam, Kampoeng Radja Jambi adalah pilihan yang tepat untuk mengisi liburan sekolah anak.

Di dalam area yang dikelilingi pepohonan hijau ini, kamu bisa menemukan setidaknya 10 wahana. Dengan harga yang sangat ramah kantong, Kampoeng Radja Jambi menawarkan water park, bumper car, flying fox, dan masih banyak lagi.

Yang paling spesial dari tempat wisata di Jambi ini, pengunjung juga bisa mencoba menanam padi, loh!

6. Jambi Paradise

(Foto: TripAdvisor)

Jambi Paradise adalah salah satu tempat wisata di Jambi berupa taman air yang dapat kamu kunjungi di Kota Jambi.

Tidak hanya menyediakan tempat bermain air, kamu juga dapat berjalan-jalan santai dengan view yang asri.

Jika kamu memilih bersantai dengan keluarga, Jambi Paradise bisa jadi salah satu opsi objek wisata Jambi terkenal dan terfavorit untukmu.

7. Gunung Kerinci

(Foto: Tokopedia.com)

Gunung Kerinci adalah gunung berapi terkenal dengan puncak tertinggi di Indonesia. Gunung ini sekaligus menjadi gunung tertinggi kedua di Indonesia setelah Jaya Wijaya di Papua.

Tempat wisata di Jambi ini menawarkan suasana sejuk dan pemandangan pagi hari yang memukau.

Pastikan kamu tidak lupa untuk melakukan summit attack dalam kegiatan hiking-mu yah! Karena pemandangan matahari terbit di Puncak Kerinci akan jadi momen tak terlupakan.

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi tempat wisata di Jambi yang wajib kamu kunjungi. Happy holiday!



Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Subscribe Today

Exclusive content

- Advertisement -Newspaper WordPress Theme

Latest article

More article

- Advertisement -Newspaper WordPress Theme